KOMENTAR DI BAGIAN BAWAH SEKALI

Genteng Rumah Anies Baswedan Bocor Pemerintah Anggarkan Dana Perbaikan 2.4 Milyar


Gubernur Anies ketika ditemui di rumah resminya di kawasan Suropati Park, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (7/31/2019).

Laporan oleh Wartawan Dionisius Arya Bima Suci

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menganggarkan Rp 2,4 milyar untuk memulihkan kediaman resmi gubernur di Jalan Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat.

Bajet yang besar itu dicadangkan oleh Citra Labuan, Perencanaan Tata Ruang dan Agensi Tanah (Citata) DKI Jakarta dalam draf diskusi tentang Kebijakan Umum Prioritas Ceiling Bajingan Sementara (KUA-PPAS) 2020 DKI Jakarta.

Kepala Kantor Citata Jakarta, Heru Hermawanto, mengatakan anggaran itu akan digunakan untuk memperbaiki bumbung bumbung dan mempercantik interior rumah.

"Bumbung telah mula berliang, kawasan pedalaman juga ruang-ruang itu memerlukan perapian, mengecat semula," katanya ketika disahkan, Jumaat (10/10/2019).

"Tetapi pada kebanyakan bumbung dan siling, ia hampir mahu ditarik balik," jelasnya.

Beliau juga menganggap bahawa belanjawan yang besar itu munasabah kerana kediaman rasmi Gubernur DKI Jakarta dimasukkan dalam kategori warisan budaya kelas B.

Warisan budaya Kelas B sendiri adalah bangunan warisan budaya yang dapat dipulihkan dengan cara pemulihan.

"Oleh sebab ini adalah pembaikpulihan, kita tidak boleh mengubah prinsip itu, sekurang-kurangnya ia mesti dibersihkan, dikembalikan seperti dahulu, tidak boleh berubah," katanya.

"Bangunan warisan budaya agak sukar, peraturannya mesti dipenuhi," katanya.

Heru menjelaskan, pihaknya sebenarnya menganggarkan dana untuk memulihkan kediaman resmi Gubernur DKI Jakarta, namun anggaran itu selalu dibatalkan dan diperuntukkan untuk program-program lain.

"(Telah) dikemukakan, kemudian ditunda," kata Heru.
BAGIKAN SEGERA WhatsApp

Post a Comment