Mengerikan, Virus Ditemukan Di Banyumas Penyakit Kencing Tikus Renggut 14 Nyawa


Dua pasien terdeteksi suspect virus Corona alias Covid 19. Keduanya diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banyumas.

Satu pasien mulai diobservasi sejak Selasa sore. Adapun pasien kedua, mulai diisolasi keesokan harinya, Rabu sore. Dua pasien ini masing-masing dirujuk dari RS Dadi Keluarga dan RS DKT, Purwokerto.

RSUD Banyumas menyatakan bahwa kedua sampel dua pasien suspect virus Corona ini telah dikirimkan ke Laboratorim Kemenkes, Jakarta. Dalam 48 jam, hasilnya bisa diketahui, negatif atau positif virus Corona.

"Cuma hari Sabtu kan Jakarta libur ya. Tapi coba kita nanti tetap hubungan lewat telepon," kata Wakil Direktur RSUD Banyumas, Noegroho Harbani, Kamis, 5 Maret 2020.

Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah pun meminta warga mewaspadai kemungkinan mewabahnya virus Corona. Salah satu upayanya, yakni dengan menerbitkan surat edaran (SE) pemantauan dan pencegahan virus Corona.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, Sadiyanto mengatakan warga juga diminta untuk aktif melaporkan jika mengetahui ada informasi orang yang mengalami gejala terpapar virus Corona, seperti demam, mual, muntah, dan sesak napas.

"Kami juga terus menyosialisasikan terkait virus Corona dan langkah pencegahannya. Harapannya setiap kantor pelayanan publik punya tempat cuci tangan atau hand rub, yang praktis," kata Sadiyanto.

Dia juga meminta agar masyarakat tak panik menghadapi virus Corona. Sebab, tiga pasien suspect Virus Corona yang diobeservasi di RSUD Margono pada Februari lalu negatif Corona. Pun dengan pasien di RSUD Banyumas yang belum tentu terpapar virus Corona.

"Baru menunjukkan gejala. Jadi perlu diwaspadai tetapi jangan panik," ucapnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel