Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Di Rumah Sakit Jakarta 1 Pasien Terjangkit Virus Corona Dan Ditetapkan Status Siaga Untuk Masyarakat



Virus Corona atau Coronavirus yang merupakan virus mematikan dari Kota Wuhan, China yang telah menewaskan setidaknya 27 nyawa ini tengah menjadi sorotan dunia diduga mulai menyebar ke Indonesia.

Seorang pasien di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara, jadi suspect atau diduga terjangkit virus Corona. Pihak rumah sakit tengah melakukan observasi lebih lanjut.

Berdasarkan penjelasan dari rumah sakit, dikutip dari CNNIndonesia, Jumat (24 januari 2020), pasien tersebut merupakan warga negara Indonesia namun pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan dari China.

Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso telah mempersiapkan 11 kamar isolasi untuk mengantisipasi kemungkinan adanya pasien terkait Virus Corona jenis baru yang tengah merebak tersebut. Rumah sakit ini juga telah menyiagakan sejumlah petugas untuk menanganinya.

Pasien itu mengalami tanda-tanda mirip dengan seseorang yang terjangkit virus Corona, yakni demam, batuk, dan sesak napas.

Rumah sakit tengah melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kondisi suspect. Dibutuhkan waktu 2-3 hari sampai penelitian selesai.

“Sudah masuk ruang isolasi dan saat ini sedang uji laboratorium untuk mengetahui lebih lanjut apa pasien benar-benar terkena Coronavirus atau tidak. Kita ambil sampel dahak dan cairan dalam hidung untuk penelitian,” kata Pompini Agustina, anggota Pokja Penyakit Infeksi Emerging RSPI.