Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fakta Virus Corona : Dapat Tertular Melaui Ikan!! Waspada


Beberapa waktu lalu Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit mengeluarkan Surat Edaran Dirjen P2P (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) Nomor: PM.04.02 / III / 43/2020 tanggal 3 Januari 2020.

 Edaran ini berisi tentang penyakit radang paru-paru (Radang paru-paru) yang sedang terjadi di Tiongkok dan Hongkong, agar tidak masuk ke Negara Indonesia.  Lalu bagaimana sebenarnya penyakit pneumonia berat ini?

 Menurut Dokter Konsultan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah, I Made Bagiada, penyakit radang paru-paru disebabkan oleh virus corona.  Kasusnya pun sudah muncul di daerah Wuhan, Tiongkok.

 “Itu kan dari Wuhan Cina kalau tidak bisa pergi ke sana dululah.  Kalau pergi ke sana ya harus pergi ke tempat-tempat yang dicurigai itu kan.  Ya, ”imbaunya, Rabu (22/1) saat ditemui di RSUP Sanglah, Denpasar.

 Virus korona ini terdiri dari banyak variasi.  Ada memang yang menyebabkan flu dan SARS (Infeksi Saluran Pernafasan Akut).

 “Saat ini memang merebak di Wuhan, informasinya merupakan virus corona tipe baru, '' jelasnya.

 Karena masuk dalam kategori baru, maka belum dapat dipastikan apakah virus ini dapat menular dari manusia ke manusia.  Karena informasi yang diterima Bagiada, penularannya ditolak melalui ikan.

 '' Virus Dugaan ini ada di lendir juga darah ikan yang terpapar virus.  Nah, penularannya ke orang yang memegangnya lalu mengusap hidung atau mulut.  Dari situ masuk melalui saluran pernapasan dan menyebabkan pneumonia, '' paparnya.

SC : https://bali.idntimes.com/health/medical/ayu-afria-ulita-ermalia/fakta-corona-virus-penyebab-pneumonia-berat-lewat-ikan