Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Herman Deru : WNA China Tidak Dilarang Masuk Ke Sumsel



Gubernur Sumsel, mengungkapkan, pihaknya tidak mengeluarkan larang warga Cina berkunjung ke Sumsel.

Sebab kata dia, Pemerintah pusat tidak mengeluarkan edaran terkait pelarangan tersebut.

Sehingga menurut dia, pemerintah daerah juga tak berhak melakukan pelaranga.

"Masa mereka (WNA Cina) mau datang kita langsung mengusir mereka? Kan tidak. Kami tidak bisa melarang WNA untuk datang ke sini karena pemerintah belum mengeluarkan aturan mengenai itu,” kata Herman, Rabu (29/1/2020). Dikutip dari Kompas.com.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tak melarang wisatawan China berkunjung ke bumi Sriwijaya, meskipun saat ini negeri tirai bambu itu sedang terpapar virus corona.

Meski demikian, kata dia, pihaknya telah melakukan untuk mengantisipasi masuknya virus tersebut, dengan menyiagakan alat pemindah suhu tubuh (thermal scanner) di bandara serta pelabuhan.

Pengawasan pun akan makin diperketat untuk melakukan pemeriksaan terhadap pelancong dari China.
Terlebih, kata dia, mendekati perayaan Cap Go Meh pada Februari mendatang.

Herman mengaku, saat perayaan Cap Go Meh biasanya banyak wisatawan dari luar datang ke Sumsel untuk merayakannya di Pulau Kemaro, Palembang.

"Kami fokus memperketat penjagaan di setiap pintu masuk kedatangan dengan memasang alat pendeteksi suhu tubuh.Jika ada WNA terdeteksi virus corona dan suhu tubuh mereka tinggi akan langsung dirawat di ruangan isolasi yang kami siapkan,” jelas Herman.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nurainy menjelaskan, mereka telah menyiapkan ruang isolasi di lima rumah sakit untuk mengantisipasi virus Corona.

Rumah sakit tersebut yakni Rumah Sakit Dr Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siti Fatimah Palembang, Rumah Sakit Siti Aisah di Kota Lubuklinggau, RSUD Lahat, dan RSUD Kayuagung, Kabupaten OKI.

"Ruang isolasi di rumah sakit sudah dilengkapi dengan peralatan memadai serta tim khusus untuk menangani jika ada pasien yang diduga terjangkit virus corona," kata Lesty.


Diungkapkan Lesty, Dinkes Sumsel juga berkoordinasi dengan Imigrasi dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Palembang, serta Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang, untuk pemasangan thermal scanner dan termometer infra red. Alat tersebut akan dipasang di sejumlah pintu masuk seperti bandara dan pelabuhan.

SB : https://palembang.tribunnews.com/amp/2020/01/29/cina-terpapar-virus-corona-herman-deru-tidak-larang-wna-cina-berkunjung-ke-sumsel
B3eFmaster
B3eFmaster CYBER