Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri Ciri Bunda Udah Hamil Mudah Dan Tips Persiapannya




Ciri ciri hamil dan tanda-tanda kehamilan awal


Berikut adalah tanda-tanda kehamilan awal selain telat haid:

1. Amenorea
Amenorea adalah fase tidak terjadinya pendarahan haid karena siklus haid yang memanjang dari biasanya. Ini merupakan salah satu tanda-tanda kehamilan.


Tips: Selalu catat tanggal hari pertama haid terakhir (HPHT) untuk menghitung usia kehamilan dan perkiraan tanggal persalinan.

2. Mual dan Muntah

Dilansir dari Doktersehat, lebih dari 50% perempuan mengalami mual dan muntah sebagai tanda tanda kehamilan. Hal ini disebabkan karena hormon HCG (human chorionic gonadotrophin) yang meningkat secara tiba-tiba.

Umumnya, gejala mual dan muntah akan menghilang saat kehamilan memasuki trimester dua. Jika mual terus berlanjut hingga menyebabkan kesehatan tubuh menurun, ada kemungkinan kehamilan Mama mengalami kondisi hiperemesis gravidarum yang harus ditangani lebih lanjut secara medis.

Baca selengkapnya tentang hiperemesis gravidarum di sini.


Tips: Perbanyak minum air putih hangat. Kurangi konsumsi makanan berlemak dan bersantan ya, Ma.

3. Cepat Lelah

Tanda tanda hamil cepat lelah disebabkan karena meningkatnya hormon progesteron dalam tubuh. Biasanya ini menjadi salah satu ciri ciri hamil 1 hari.

Mengapa ibu hamil cepat lelah? Faktor lainnya adalah kinerja organ tubuh seperti ginjal, jantung, hingga paru-paru yang bertambah, demi menghidupi janin di dalam kandungan.


Tips: Istirahat yang cukup dan kurangi kafein. Pastikan waktu tidur setiap hari selalu cukup.

4. Anoreksia

Anoreksia adalah gangguan makan yang terjadi pada wanita saat masa subur. Hal ini bisa disebabkan oleh kondisi psikologis wanita yang cenderung stres akibat perubahan hormon dan bertambahnya berat badan. Intinya, nafsu makan jadi menghilang, Ma!


Tips: Tetap perhatikan pola makan dan asupan gizi demi kesehatan Parents dan juga calon buah hati, ya!

5. Mengidam

Trimester pertama, ibu hamil seringkali menginginkan suatu makanan atau minuman tertentu. Hal ini juga diikuti dengan indra penciuman yang lebih sensitif.


Tips: Mama boleh mengonsumsi apapun selama tidak menyalahi aturan makan untuk ibu hamil, ya! Hindari juga makanan-makanan yang menyebabkan alergi.

6. Payudara Mengencang

Hormon progesteron dan estrogen pada tubuh meningkat dan mempengaruhi kelenjar montgomery pada payudara. Hal ini menyebabkan payudara membesar, tegang, dan sering nyeri.

Selain itu, puting susu juga akan membesar diikuti dengan warna yang semakin gelap. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya hormon HPL (human placental lactogen) yang juga termasuk salah satu hormon pembuat ASI.


Tips: Jangan gunakan bra yang terlalu kencang, gunakan pakaian yang longgar.