Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ladang Emas 3.000 Ton Ditemukan! Di Sini Tempatnya


Beruntunglah India. Negeri dengan peringkat ke dua sebagai konsumen emas terbesar ke dua di dunia itu baru saja menemukan ladang logam mulia tersebut.

Kandungan emas pada ladang emas itu tak tanggung-tanggung. Ladang emas tersebut diyakini memiliki cadangan emas seberat 3.000 ton! Menurut laman Asia One, lokasi tambang itu berada di India bagian utara.

Saban tahun, Negeri Hindustan menambang dua hingga tiiga ton emas perhari. Meski demikian, dalam satu dekade terakhir mereka masih harus mengimpor untuk memenuhi kebutuhan 843 ton saban tahunnya.

India memang sangat lapar dengan emas untuk memenuhi kebutuhan perhiasan. Barang-barang ini digunakan untuk persembahan kepada dewa dan untuk pernikahan mewah.

Setiap tahun, India merogoh kocek US$31 miliar, atau sekitar Rp426,08 triliun, untuk impor emas. Logam ini menjadi barang impor terbesar ke dua setelah minyak mentah. Sungguh kebutuhan yang besar. Sehingga, penemuan ladang emas itu bak sumur di tengah gurun gersang.

Departemen Pertambangan India menemukan ladang emas ini di Distrik Sonbhadra, Uttar Pradesh bagian utara, setelah menyurvei selama 10 tahun.

" Di Son Pahadi, kami menemukan 2.940 ton, di wilayah Hardi Pahadi terlacak 646 kilogram," kata kepala departemen pertambangan Uttar Pradesh, dikutip dari Asia One, Senin 24 Februari 2020.  

Tingkat konsentrasi emas di ladang itu sebesar 3 gram per ton bijih. Uttar Pradesh berkoordinasi dengan Badan Geologi India untuk menentukan berapa banyak emas yang bisa diekstraksi dari ladang.