Puluhan Warga China Di Lahat Sumsel Di Periksa Terkait Virus Corona


Sebagai langkah antisipasi penyebaran Virus Corona di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, pemerintah daerah setempat melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 77 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China yang berada di daerah tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, Ponco Wibowo, mengatakan sudah berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat guna mendata dan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah TKA asal China.

"Di lahat ada 77 TKA dari China. Kita lakukan pendataan ulang dan memeriksa kesehatan mereka. Khususnya bagi mereka yang baru kembali dari negeri asalnya di China," katanya, Kamis (30/1).

Untuk itu, kata Ponco, petugas kesehatan sudah ditugaskan untuk jemput bola melakukan pemeriksaan kesehatan ke perusahaan pertambangan yang banyak mempekerjakan TKA di Lahat.

"Hal ini sebagai langkah pencegahan agar jangan sampai ada potensi penyebaran virus itu, khususnya di Lahat," katanya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lahat, Hanafiah, mengatakan berdasarkan hasil monitoring terdapat 77 TKA asal China yang bekerja di 3 perusahaan pertambangan yang ada di Lahat.

"Kita melakukan pendataan kembali. Termasuk aktivitas perjalanannya, apakah baru-baru ini sempat kembali ke China atau semacamnya," katanya.

Kemudian, petugas gabungan juga melakukan pemeriksaan terkait kondisi kesehatan TKA ini. Hal itu juga berlaku kepada sejumlah TKA lainnya yang bekerja di Lahat.

"Kita tahu banyak pekerja asing yang bekerja di sejumlah perusahaan tambang disini. Oleh karena itu, semuanya kita periksa. Khususnya 77 TKA asal China itu," katanya.


Sementara itu, Bupati Lahat, Cik Ujang, telah menginstruksikan agar seluruh perusahaan asing yang beroperasi di wilayah tersebut agar sementara waktu tidak menambah jumlah tenaga kerja dari luar.

"Khususnya bagi TKA asal China kita minta stop dahulu. Jangan ada lagi penambahan sementara ini," katanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel