Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TILANG DADAKAN, Puluhan Polisi kena razia tidak bawa SIM


Hingga saat ini masing kita temui para netizen mengunggah kejadian yang baru dialaminya mengenai penilangan, yang terkenal sudah pasti di kota cirebon. Konon berita yang berhamburan bahwa polisi dicirebon suka cari2 kesalahan kepada pengendara dari luar daerah cirebon, makanya cirebon terkenal dengan kota tilangnya.

Jika polisi sering menggelar razia untuk mengecek kelengkapan para pengguna jalan dengan tujuan mengingatkan kepada para pengguna jalan agar selalu tertib berlalu lintas, lalu apakah polisi yang sering menggelar razia itu sudah sepenuhnya tertib dan sadar akan pentingnya kelengkapan dalam berkendara ? ternyata jawabnya TIDAK karena masih ditemukan polisi yang tidak membawa surat2 lengkap bahkan kondisi motor yang tidak standar.

Seperti saya contohkan ketika Satlantas dan Provost Polres Karimun, Kepulauan Riau menggelar operasi razia terhadap para anggota polisi. Dalam razia di gerbang masuk Mapolres Karimun, Kepulauan Riau, Jumat (23/10/2015), sejak pukul 06.50 WIB hingga pukul 07.20 WIB banyak polisi yang mengendarai sepeda motor dan mobil terjaring karena tak membawa surat-surat kendaraan dan SIM.

Razia yang dilakukan kali ini memang bertujuan menertibkan anggota polisi sebelum melakukan tugasnya menjaga ketertiban masyarakat. Kasi Provost Polres Karimun, Ipda Ribut Rawit, mengatakan saat operasi yang diadakan sekitar 40 menit itu banyak anggota polisi yang tidak membawa SIM. Namun, menurut Ribut hal itu tidak termasuk pelanggaran. Hanya satu anggota yang melanggar karena kendaraannya tidak memiliki kelengkapan fisik, berupa spion.

Info yang saya ambil dari kompas.com bahwa kejadian ini memang sudah agak lama yaitu bulan oktober 2015 atau sekitar 6 bulan yang lalu, namun kejadian ini memberikan fakta bahwa ternyata petugas yang sering merazia kita itu masih ada yang tidak melengkapi syarat2 dalam berkendara. Introspeksi diri itu memang berat bro.

Namun satu yang menjadi pertanyaan saya, menurut Kasi Provost Polres Karimun, Ipda Ribut Rawit bahwa polisi tidak membawa SIM tidak masuk dalam pelanggaran karena SIM bisa diambil dulu ke rumah. Bagaimana jika hal ini terjadi pada masyarakat sipil ? sudah pasti kena tilang, polisi tidak akan mendengarkan berbagai alasan dari kita, itu fakta dilapangan.