Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cek Dan Infokan, Saldo Puluhan Penerima PKH Lenyap !!


Program Keluarga Harapan yang (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial untuk Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima Manfaat PKH.

Sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, sejak tahun 2007 Pemerintah Indonesia telah melaksanakan PKH. Manfaat PKH juga mulai ditingkatkan untuk melindungi penyandang cacat sesuai dengan taraf kesejahteraan sosial sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI.

Namun, program dari Kementrian Sosial melalui Dinas Sosial tidak berjalan mulus di Kabupaten Lahat. Hal itu terungkap setelah pengumuman warga di Kikim Barat mengeluhkan masalah penerimaan bantuan PKH ini pada saat membangkitkan media.

Seperti yang di alamani Leni Marlena (32), mengaku tidak diijinkan oleh Suwarno oknum pendamping dari Dinas Sosial Kecamatan Kikim Barat terkait masalah pencairan PKH melalui Bank BRI maupun BRI-Link.

"Awalnya kami menerima bantuan PHK, kompilasi mau ada pencairan buku tabungan dan kartu ATM di ambil oleh pendamping dengan alasan penerima tidak boleh mencairkan, dari situ kami tidak tau berapa dana pencairan PKH yang masuk ke tabuangan kami," Terangnya.

Dan yang lebih membuat diri kecewa lagi, saldo tabungan selama 3 tahun yang disimpan di ATM raib tidak tau kemana. Leni menyelamatkan orang lain yang telah menguras isi tabungannya.

“Setelah saya cek cetak buku tabungan, ternyata saldo yang ada di tabungan saya hilang sebesar Rp, 7 juta,” Keluh Leni.

Tidak hanya itu, mendengarkan Leni telah menarik seluruh tabunganya tanpa seizin oknum pendamping, Leni mendapatkan tantangan seperti itu tidak akan mendapatkan lagi dana bantuan PHK karena telah menyetujui aturan dengan mencairkan PHK tanpa sepengetahuan pendamping.