Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hasil Tes Corona Presiden dan Menteri Tidak akan Diumumkan ke Publik, Tapi Tetap Do'akan Terbaik


Achmad Yurianto Juru Bicara Pemerintah Khusus untuk Penanganan Virus Corona mengatakan, Joko Widodo Presiden, Iriana Ibu Negara dan para Menteri Kabinet Indonesia Maju sudah menjalani tes kesehatan.

Pemeriksaan kesehatan itu untuk memastikan mereka semua tidak terinfeksi Virus Corona (COVID-19) yang mewabah di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia.

Dalam keterangan pers yang disampaikan Selasa (17/3/2020) sore di Graha BNPB, Jakarta Timur, Yurianto menegaskan hasil pemeriksaan itu tidak akan diumumkan kepada publik.

Menurutnya, hasil pemeriksaan Presiden, Ibu Negara dan para menteri akan diserahkan kepada yang bersangkutan.

Lebih lanjut, Dokter Yurianto bilang, semua pejabat negara yang menjalani tes kesehatan, sekarang dalam kondisi baik.

“Karena itu general check up (pemeriksaan umum), kami tidak akan declare (umumkan). Hasilnya kami serahkan kepada pejabat. Seluruhnya dalam kondisi baik,” ujar Yurianto.

Sekadar informasi, Senin (16/3/2020), Jokowi Presiden dan Iriana Ibu Negara diperiksa oleh Tim Dokter Kepresidenan, di Istana Bogor, Jawa Barat.

Sehari sebelumnya, sejumlah menteri dan wakil menteri tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, khusus untuk mendeteksi Virus Corona.

Medical check up itu dilakukan, menyusul diumumkannya Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan sebagai pasien positif COVID-19.

Beberapa waktu sebelum terdeteksi positif COVID-19, Budi Karya Sumadi sempat mengikuti Rapat Kabinet yang dipimpin Jokowi, tanggal 4 dan 11 Maret 2020, di Kantor Presiden.