Inilah Penjelasan Soal Orang Sehat Tidak Perlu pakai masker untuk menghindari corona



Pakar Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menekankan orang sehat tak perlu memakai masker untuk menangkal virus Corona atau COVID-19. Berikut ini penjelasannya.

"COVID-l9 tidak menular langsung melalui udara. COVID-l9 menular melalui percikan cairan hidung dan ludah ketika mereka batuk dan bersin. Percikan tersebut mampu menularkan pada jarak 1-2 meter," kata tim respons COVID-19 UGM, dr Riris Andono Ahmad, MPH, PhD, dalam keterangan tertulis yang disampaikan humas UGM, Selasa (3/3/2020).

Riris mengatakan percikan cairan hidung dan ludah ketika batuk dan bersin juga bisa menempel di permukaan benda. Dia pun menekankan untuk menjaga kebersihan tangan.

"Percikan tersebut juga dapat menempel di permukaan benda, seperti permukaan meja, pegangan pintu, dan benda lainnya. Seseorang dapat tertular apabila menyentuh benda tersebut kemudian mengusap ke wajah, yaitu mulut, hidung, dan mata," urai Riris.

Dengan alasan itu, Riris menekankan orang sehat tak perlu masker. Sebab, masker hanya mencegah kontak langsung dengan percikan cairan hidung atau ludah.

"Masker hanya diperlukan untuk mencegah tersebarnya percikan dari individu yang sakit," tegas Riris.

Dia lalu memberikan tips untuk mencegah penularan virus Corona atau COVID-19. Salah satunya dengan perilaku hidup sehat.

"Untuk mencegah penularan, kami mengimbau masyarakat untuk melakukan perilaku hidup sehat dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun atau pembersih tangan berbasis alkohol (hand rub/hand sanitizer), mengonsumsi makanan sehat agar lebih meningkatkan daya tahan tubuh, dan meminimalkan kegiatan di keramaian yang kurang diperlukan," pesannya.
BAGIKAN SEGERA WhatsApp

SARAN DARI KAMI