KOMENTAR DI BAGIAN BAWAH SEKALI

Puluhan Pelajar Ini Minta Dispensasi Untuk Menikah Karena Hamil Duluan



Sebanyak pendaftar di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, meminta dispensasi untuk menikah. Faktor utama yang melatarbelakangi hal ini adalah karena mereka mempertimbangkan penilaian di luar nikah.

Ditukil dari Kompas.com Humas Pengadilan Agama Kabupaten Gunung Kidul Barwanto mengundang ada 79 pasangan yang mengajukan dispensasi menikah dini di pengadilan agama pada tahun 2018. Namun dari 79 pasangan, hanya 77 pasangan yang menerima surat dispensasi.

Sementara pada tahun 2019, hingga pekan pertama bulan April, Barwanto mengatakan, sudah ada 10 pasangan yang meminta pertimbangan khusus untuk bisa menikah lantaran usianya masih belum memenuhi persyaratan menikah.

Yang paling populer adalah yang ingin melakukan pernikahan lebih awal karena putus sekolah di sekolah menengah pertama (SMP). Selain itu, ada juga yang bekerja di luar daerah dan jauh dari keluarga. Tak sedikit dari mereka yang masih berstatus sebagai pelajar.

“Jumlah pelajar dan yang sudah bekerja 50:50,” jelas Barwanto kompilasi ditemui di kantornya untuk dimintai konfirmasi, pada Jumat (5/4) lalu.
Lebih lanjut, Barwanto menjelaskan, sebagian di antara mereka yang meminta pembayaran untuk menikah telah terlebih dahulu hamil sebelum pernikahan. “Rata-rata sudah hamil duluan,” katanya.
BAGIKAN SEGERA WhatsApp