Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tak Dipinjami Uang, Menantu Tega Habisi Nyawa Mertuanya di Sidoarjo


Hanya selang dua jam dari peristiwa pembunuhan seorang ibu rumah tangga di Desa Ganting, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, pelaku bisa diringkus. Tersangka tak lain adalah menantu korban yang emosi karena permintaannya meminjam uang Rp 3 juta, tak dikabulkan korban.

Satreskrim Polresta Sidoarjo berhasil menangkap pelaku pembunuhan Siti Fadilah (48), ibu rumah tangga yang tinggal di Desa Ganting, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo. Pelaku adalah menantu korban, yakni TDS (25), yang diringkus di rumah neneknya tak jauh dari rumah korban.

Kepada polisi, tersangka mengaku nekat membunuh korban, karena emosi tak dipinjami uang Rp 3 juta.

"Korban ini adalah mertua dari tersangka, tersangka menghabisi mertuanya dengan motif pinjam uang Rp 3 juta,” ungkap Kombes Pol Sumardji, Kapolresta Sidoarjo.

Sebelumnya, Siti Fadilah, ditemukan meninggal dunia di ruang tamu rumahnya. Korban pertama kali ditemukan dua anaknya sepulang dari kuliah dan sekolah. Peristiwa ini kontan menggegerkan para tetangga. Korban selama ini sering tinggal sendiri, sebab suaminya bekerja di pelayaran.

Peristiwa ini awalnya diperkirakan perampokan, sebab sejumlah perhiasan korban hilang. Ternyata perhiasan korban itu dibawa pelaku, yakni menantunya sendiri.

Akibat perbuatannya, pelaku langsung ditahan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Tersangka dijerat pasal 338 KUHP, dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. Demikian diberitakan pada Fokus, 28 Februari 2020.