Iri Napi Umum Dibebaskan, Ratusan Napi Narkoba Bakar Lapas dan mengamuk


Akibat ingin diperlakukan sama dengan napi tindak pidana umum yang dilepas karena program pencegahan Corona di lapas dan rutan , ratusan napi narkoba mengamuk dan membakar  Lapas Kelas II A Tuminting, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (11/4/2020).

Akibat aksi tersebut ada dua blok yang cukup parah yakni Blok Narkoba, Tipikor dan kantin.

Sedangkan 11 otak kerusuhan  telah diamankan  dan  100 narapidana  lain  dipindahkan di tiga unit pelaksana tugas (UPT) yang ada di daratan Sulut.

Kementerian Hukum dan HAM menyebut penyebab kerusuhan di Lapas Kelas II A Tuminting di Manado, Sulawesi Utara, karena narapidana narkoba ingin dibebaskan selama pandemi virus corona jenis baru COVID-19.

Hal tersebut dijelaskan dalam keterangan resmi Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerjasama Kementerian Hukum dan HAM Bambang Wiyono , pada Minggu (12/4/2020) yang mengatakan seluruh narapidana narkoba di lapas itu mendesak diberikan hak sama seperti narapidana tindak pidana umum yang akan dibebaskan karena mencegah penyebaran virus corona.

Namun Bambang juga menyebut penyebab lain kerusuhan adalah karena  petugas Lapas tidak mengizinkan salah satu narapidana Narkoba melayat orang tuanya.

Ijin tidak diberikan petugas Lapas lantaran khawatir narapida tersebut akan tertular virus corona.

"Pemicu lainnya, petugas Lapas Tuminting tidak mengizinkan salah satu napi melayat orang tuanya yang meninggal. Ini demi mencegah napi tersebut tertular virus corona.

Sumber : radarborneo.com/2020/04/iri-dengan-pembebasan-napi-tindak.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel