Pesawat tempur TNI AU Jatuh 15/6 Sekitar pukul 07.30 WIB Kemarin


Pesawat tempur TNI AU jatuh di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.  Insiden tersebut terjadi pada Senin (15/6/2020) di pemukiman warga sekitar pukul 07.30 WIB.

Hingga saat ini belum ada konfirmasi terkait korban jiwa dalam insiden tersebut. Adapun pilot yang menerbangkan pesawat itu diketahui selamat setelah menggunakan kursi pelontar.

Wajah memar dan bisa jalan

Menurut salah seorang warga, Reni mengatakan, pilot pesawat tempur tersebut berhasil selamat dari insiden itu setelah menggunakan kursi pelontarnya.

Pilot tersebut, diketahui jatuh sekitar 500 meter dari lokasi jatuhnya pesawat. Warga yang mengetahui hal itu, sempat membantu mengevakuasinya ke dalam mobil ambulans.

"Pilotnya tadi jatuh di semak sempat dibantu warga, wajahnya terlihat ada memar, tapi masih bisa jalan masuk ke Ambulan tadi," ujarnya seperti dilansir dari Tribunpekanbaru.

Saat kejadian itu, menurutnya tim medis dan pasukan TNI AU tak berselang lama kemudian langsung datang untuk melakukan evakuasi.

Gunakan kursi pelontar

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Fajar Adriyanto mengatakan, pilot yang menerbangkan pesawat berhasil selamat setelah melontarkan diri menggunakan ejection seat.

Adapun identitas pilot tersebut diketahui bernama Lettu Pnb Apriyanto Ismail dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Sedangkan pesawat tempur yang digunakan berjenis BAE Hawk 209 dengan nomor registrasi TT-0209.

Pilot tersebut saat ini juga sudah dievakuasi ke rumah sakit untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

"Saat ini berada di RSAU dr Soekirman Lanud Rsn Pekanbaru untuk pemeriksaan lebih lanjut," kata Fajar, dalam keterangan tertulis yang disampaikan TNI AU pada Senin pagi.

Hingga saat ini, lanjut dia, belum diketahui penyebab jatuhnya pesawat tempur tersebut karena masih dilakukan investigasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel