Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wapres Bilang Pemerintah Gak Sengaja Pakai Dana Haji Gak Dosa...?


Akun Facebook Putra Inka membagikan gambar dari sebuah laman abhynewscom berjudul Wapres Pemerintah Gak Sengaja Memakai Dana Haji Jadi Gak Berdosa. Dalam unggahan tersebut juga tertulis narasi yang menyamakan Wapres Ma'ruf Amin dengan Jaksa Fredrik Akbar.

Berikut narasinya:

"Satu Guru Satu Ilmu’Dilarang Saling Mengganggu Biarpun Bareng”Dungu. Entah JAKSA Fredrik Adhar Yang Berguru Pada Mbah Amin.Atau Mbah Amin Yang Berguru Sama JAKSA Fredrik Adhar,Kalau Dalilnya JAKSA Fredrik Adhar Dari PASAL KUHP ???? Kalau Si Mbah Kyai Dari Mana Coba Dalilnya Pemirsa Apa Ada Yang Tau?"

Penjelasan 

Berdasarkan penelusuran, unggahan gambar tersebut merupakan hasil suntingan. Pada dalam laman abhynewscom, artikel asli berjudul Ma'ruf Amin: Jika Jokowi Terpilih Lagi, Ibu-Ibu Belanja Cukup Bayar Pakai Kartu yang dipublikasikan pada Februari 2019.

Pada artikel tersebut, dijelaskan status Ma'ruf masih menjadi calon wakil presiden dan masih berkompetisi pada pilpres 2019. Saat itu, Ma'ruf sedang menjelaskan soal konsep program kartu paslon capres-cawapres nomor urut 01.

Dalam artikel tersebut juga tak disebutkan sedikit pun soal penggunaan dana haji. Adapun dana haji dikelola dan berada di rekening Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dalam bentuk valuta asing dan rupiah.

Berdasarkan penjelasan di atas, gambar yang dibagikan merupakan hasil suntingan. Unggahan tersebut masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.