Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Akhirnya Kembali Diadakan, Program Pemutihan Denda Pajak Kendaraan Mulai 1 Agustus



Ada kabar gembira untuk masyarakat di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Di mana mulai 1 Agustus 2020 akan ada penghapusan sanksi administrasi atau pemutihan pajak kendaraan baik sepeda motor dan mobil.

“Berita baik untuk masyarakat Sumsel, bahwa dalam situasi ini sekaligus menghadapi 17 Agustus, di hari Kemerdekaan RI kita berikan pemutihan denda pajak mulai 1 Agustus 2020,” kata Gubernur Sumsel, Herman Deru, Kamis (23/7/2020).

Menurut Herman Deru, program pemutihan denda pajak kendaraan ini akan dievaluasi setiap bulannya.

“Jadi mulai 1 Agustus dan 1 Sepetember akan dievaluasi. Jika memang nantinya diperlukan diperpanjang ya akan diperpanjang,” kata Herman Deru.

Program pemutihan denda pajak kendaraan ini, menurut Deru, bertujuan untuk memberikan keringanan bagi masyarakat.

Ditambahkan Herman Deru, program pemutihan ini diberlakukan untuk umum, sehingga siapapun boleh ikut pemutihan pajak, baik kendaraannya terlambat bayar pajak karena Covid-19 atau kelalaian hingga kelupaan tetap diberikan pengampunan denda pajak.

“Pemutihan pajak ini tidak ada batasnya, mau satu tahun, dua tahun atau tiga tahun tetap kita berikan keringanan denda pajak atau pemutih,” tambahnya.

Dikatakannya lagi, program pemutihan ini sesuai Pasal 107 ayat (3) UU nomor 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah dan pasal 73 Peraturan Daerah Nomor 3 tahun 2011 tentang Pajak Daerah.

Di mana dalam UU itu Gubernur dapat memberikan keringanan, pengurangan, pembebasan, dan penghapusan pajak yang dipayungi dalam Peraturan Gubernur.